Apa Itu Biometrik? Ini Definisi dan Jenis-jenisnya

Bagikan artikel ini
Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Menjaga keamanan identitas dalam menjalankan bisnis itu penting. Pasalnya, ada perputaran uang dan barang dalam menjalankan bisnis. Untuk mencegah terjadinya pencurian atau pemalsuan identitas, bisa menggunakan teknogi biometrik. Lantas, apa itu biometrik? Berikut ini penjelasannya.

Di era teknologi seperti sekarang ini, penggunaan teknologi biometrik bisa menjadi salah satu solusi teknologi yang tepat untuk digunakan sebagai sistem keamanan identitas oleh para pelaku bisnis. Hal tersebut penting agar terhindar dari hal-hal yang merugikan perusahaan.

Nah bagi yang masih belum paham betul apa itu biometrik, pada artikel ini akan dijelaskan hal-hal tentang biometrik. Mulai dari definisi, cara kerja hingga jenisnya. Oleh karena itu, simak artikel ini sampai habis ya.

Apa Itu Biometrik?

Melansir dari thalesgroup.com, Minggu (3/10/2021), Biometrik dapat didefinisikan sebagai cara paling praktis untuk mengidentifikasi dan mengotentikasi individu manusia dengan cara yang andal dan cepat melalui karakteristik biologis yang unik.

Diketahui, identifikasi biometrik  ini ditentukan dari verifikasi identitas seseorang. Tujuannya yaitu untuk memperoleh data biometrik dari seseorang tersebut. Adapun data yang diperoleh seperti foto wajah, rekaman suara, maupun sidik jari.

Setelah itu, data tersebut akan dibandingkan dengan data biometrik orang lain yang tersimpan dalam database. Dalam proses ini, sistem biometrik akan memverifikasi apakah identitas yang kamu berikan asli atau palsu.

Jadi, dapat diartikan bahwa penggunaan teknologi biometrik ini sangat penting untuk mencegah terjadinya penipuan dokumen, pencurian identitas, kejahatan dunia maya, dan lain sebagainya.

Jenis-jenis  Sistem Biometrik

Melanisir dari Biometric Security Decive, Minggu (3/10/2021), simak berikut ini jenis-jenis sistem teknologi biometrik yang perlu kamu ketahui.

1. Pemindai Retina

Pemindai retina berfungsi untuk mengidentifikasi pola unik yang ada pada manusia. Proses identifikasi pola unik tersebut menjadi semacam akses masuk, yang mana pemindai retina ini berguna untuk memberikan keamanan dari akses ilegal.

2. Pemindai Iris

Jenis teknologi biometrik lainnya yaitu pemindai iris. Sama halnya dengan pemindai retina, penggunaan pemindai iris juga berfungsi untuk memindai pola unik melalui mata. Hanya saja pemindai iris ini menggunakan cara yang sedikit lebih kompleks dan harganya cenderung mahal.

3. Pemindai Fingerprint

Jenis teknologi biometrik lainnya yang juga perlu diketahui untuk mengidentifikasi identitas yakni pemindai fingerprint. Pemindai satu ini populer di berbagai perusahaan, instansi pendidikan, maupun pemerintahan.

Teknologi biometrik jenis ini menggunakan pemindai sidik jari untuk mengidentifikasi identitas. Sistem keamanan yang satu ini bisa dibilang cukup aman untuk digunakan. Selain itu, harganya cenderung murah jika  dibandingkan dengan jenis pemindai lainnya.

Adapun cara kerja pemindai Fingerprint ini yaitu pola sidik jari dicetak secara tiga dimensi. Setelah itu, data sidik jari tersebut disimpan untuk proses identifikasi terhadap pola sidik jari dengan data sidik jari orang lain yang tersimpan di database.

4. Face Biometric

Seperti yang sudah diketahui, masing-masing orang mempunyai struktur serta wajah yang berbeda-beda. Maka dari itu, menggunakan teknogi face biomertrik adalah pilihan tepat untuk mengidentifikasi jati diri atau identitas seseorang.

Melakukan pemindaian setiap struktur wajah (alis, hidung, mulut, dan mata) menggunakan face biometrik,  bisa jadi alternatif untuk menjaga dan mengamankan identitas seseorang agar tidak disalah gunakan.

5. Voice Recognition

Diketahui, masing-masing orang mempunyai tone atau karakter suara yang berbeda-beda. Maka dari itu, penggunaan voice recognition pun cukup aman. Sistem teknologi ini berguna  untuk mengidentifikasi rekaman suara pertama saat melakukan proses autentikasi. Ini cukup membantu dalam proses identifikasi agar terhindar dari penipuan.

Demikianlah informasi tentang apa itu biometrik. Di era serba teknologi seperti sekarang ini, penggunaan teknologi biometerik ini sangat berguna untuk menjaga keamanan identitias.

Informasi Terkait

Informasi

Asosiasi Biometrik Dorong RUU Perlindungan Data Pribadi

JAKARTA – Perkembangan teknologi biometrik di dunia maupun di Indonesia membutuhkan kerangka regulasi yang jelas. Oleh karena itu, Asosiasi Industri Teknologi Biometrik Indonesia berpandangan bahwa rancangan

Informasi

Manfaat Verifikasi Identitas Digital Berbasis Biometrik

Aspek keamanan identitas merupakan hal yang paling diperhatikan dalam bisnis. Alasannya tidak lain adalah karena dalam bisnis terjadi perputaran uang dan barang sehingga jika terjadi